latest Post

5 Hal untuk Hidup Bebas Stres

5 Hal untuk Hidup Bebas Stres

Cobalah beberapa hal ini supaya kamu terhindar dari stres. 

Banyak tipe orang yang melihat masalah dengan cara berbeda. Ada yang bisa menanggapi dengan positif, namun ada pula tipe orang yang menghadapi masalah dengan tekanan dan stres. 

1. Peduli dengan sekitar
Peduli dengan sekitar tidak harus menjadikan diri Anda was-was. Orang yang gampang cemas, cenderung was-was dan selalu menanti hal yang buruk akan terjadi. Sedangkan tipe orang yang peduli adalah orang yang memperhatikan pekerjaan yang sedang terjadi. Sehingga ia tau apa yang terjadi di sekitarnya dan mengurangi waktu untuk cemas.

2. Mencari kegiatan di luar
Bersenang-senang membutuhkan waktu dan anggaran lebih, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Anda bisa melakukan kegiatan di luar rumah di akhir pekan. Bergabung dalam kelompok berkebun di sekitar rumah, atau mengikuti kelas merangkai bunga. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan ini memberi kesempatan untuk berkenalan dengan banyak orang. Melakukan hal-hal baru yang ringan dan menyenangkan dapat menekan tingkat stres dalam diri Anda.

3. Cari waktu istirahat
Mencari waktu istirahat yang panjang memang tidak mungkin, namun Anda bisa berhenti sejenak sekitar lima hingga sepuluh menit di tengah hari. Mengambil waktu rehat sejenak memberi Anda kesempatan untuk bernafas dan menenangkan mental pikiran. Menit ini memberi waktu untuk menyadari apa yang sedang Anda rasakan sekarang dan mengetahui tingkat stres Anda. Saat melakukan ini, sebaiknya hindari memegang gawai Anda, agar istirahat dapat terjadi tanpa gangguan.

4. Olahraga
Khasiat dari olahraga lebih dari hanya untuk menjaga bobot tubuh. Sebuah penelitian membuktikan, olahraga secara teratur dapat mengurangi kadar khawatir di dalam tubuh. Artinya, kadar stres secara tiba-tiba yang biasa dialami dapat berkurang, dan Anda dapat menghadapi masalah dengan lebih tenang. Bagi sebagian orang, olahraga bukan hal yang menyenangkan. Banyak yang tidak menyukai udara panas dan berkeringat saat berolahraga, namun perasaan segar sesudahnya yang dapat membuat pikiran jauh lebih tenang.
5. Makan dengan sadar

Diet bukan hal yang menyenangkan. Keterbatasan memakan sesuatu membuat Anda akan lepas kontrol ketika Anda memiliki kesempatan untuk memakannya. Bahkan Anda akan diam-diam memakan hal tersebut sebagai alasan karena sudah diet selama beberapa hari. Anda harus 'sadar' saat menginginkan sesuatu. Jangan terbiasa menginginkan makanan karena emosi dan nafsu sesaat. Jika ingin memakan donat, tunggu lima menit, apakah Anda benar-benar menginginkan donat. Jika ya, Anda dapat memakannya. Dengan berpikir jernih, Anda lebih bisa memilah makanan mana yang dibutuhkan tubuh, atau hanya diinginkan tubuh.

 

Recommended Posts × +

0 komentar:

Post a Comment